TERKINI:

Terkait Kondisi Politik di Tapteng,

Ketua Dewan Pembina Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Tapanuli Tengah Saddam Hussein Simatupang (kedua kanan) dan Ketua Harian Dandi Panggabean (kedua kiri) memberikan penjelasan tentang kekisruhan situasi politik di Tapanuli Tengah, di Medan, Jumat (18/5/2018).

Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Tapteng Himbau Masyarakat Hindari Perpecahan 

TAPTENG | Bupati Tapanuli Tengah, Bachtiar Ahmad Sibarani kini 'diguncang' sejumlah kasus yang diduga melibatkan dirinya. Di antaranya kasus dugaan korupsi yang pernah menyeret Bupati Tapteng sebelum yakni Bonaran Situmeang, dugaan ijazah palsu, isu pembakaran rumah, serta persoalan guru dan perawat yang sudah bertahun-tahun tidak ditingkatkan statusnya menjadi PNS.

Demonstrasi masyarakat yang menginginkan Bakhtiar diseret secara hukum berlangsung Selasa lalu (15/5/2018). Lalu diikuti demonstrasi serupa oleh kelompok warga yang mendukungnya. Situasi tersebut menyebabkan warga Tapteng berada di ambang perpecahan.

Menyikapi situasi politik yang tidak kondusif tersebut, Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Tapteng (APMATT) yang berbasis di Medan meminta agar seluruh masyarakat menghindari perpecahan. Jika keadaannya kian memburuk yang menderita kerugian adalah masyarakat juga. Karena proses pembangunan pasti akan terhambat.

Kata Ketua Dewan Pembina APMATT, Saddam Hussein Simatupang, benar bahwa ada sejumlah kasus yang diduga melibatkan Bupati Bakhtiar di masa lalu. Kasus-kasus tersebut sudah ditangani oleh aparat penegak hukum untuk mengusut. Oleh sebab itu percayakan aparat hukum pasti akan menuntaskannya. Masyarakat tidak perlu saling berbalasan melakukan demonstrasi antara menentang dan mendukung Bupati.

"Selain menciptakan situasi tidak kondusif, aksi-aksi demonstrasi oleh warga juga tidak produktif. Banyak pekerjaan dan program pembangunan pemerintah jadi terganggu. Biarlah masyarakat mempercayakan pengusutan kasus yang disebutkan melibatkan Bupati kepada penegak hukum kepolisian dan kejaksaan," kata Saddam dalam pernyataannya ketika dihubungi wartawan, Minggu (18/5/2018).

Ketua Harian APMATT, Dandi Panggabean, menyebutkan, tuduhan keterlibatan Bakhtiar dalam perekrutan pegawai honorer harus diklarifikasi. Diduga kasus tersebut terjadi saat Bonaran Situmeang menjabat Bupati.

"Kami minta agar Bupati Bakhtiar secepatnya merespon tuntutan masyarakat tentang pegawai honorer.  Dan bupati Tapteng harus siap memfasilitasi dan membantu para korban menyelesaikan kasus penipuan yang dilakukan oleh mantan bupati Tapanuli Tengah Bonaran Situmeang.

APMATT berencana akan turun ke Tapteng guna menampung pengaduan para pegawai honorer dan meneruskannya ke Bupati. Selain itu juga mereka akan mendatangi Polda Sumut guna mendesak agar menuntaskan pengusutan kasus yang melibatkan sejumlah pihak di Tapteng. (R1)
Terkait Kondisi Politik di Tapteng, Terkait Kondisi Politik di Tapteng, Reviewed by Rommy Pasaribu on 20 Mei Rating: 5


Tidak ada komentar:

IKLAN