Desa Sibintang Wakili Tapteng Lomba Desa Terbaik Tingkat Sumut

Asisten I bersama tim saat diulosi Kades Sibintang


Pelaksanaan penilaian Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2018 memasuki tahap awal seleksi dihadiri langsung oleh Tim Penilai Tingkat Provsu yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kepala Desa Sibintang, Rabu (18/07/2018).


Desa Sibintang merupakan salah satu desa yang terpilih sebagai desa terbaik Tahun 2018 di tingkat Kabupaten yang selanjutnya secara otomatis mewakili Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

Kehadiran Tim Penilai Desa Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2018 yang dipimpin oleh Yasir Hasan Nasution disambut hangat oleh Asisten Pemerintahan Umum, Antonius Simanjuntak, SKPD Tapteng, Kepala Dinas PMD Tapteng, Camat, LPM, jajaran pemerintahan Desa Sibintang, Pengurus TP. PKK Desa Sibintang serta tokoh agama, Lansia, Karang Taruna, pemuda, dan masyarakat se-Desa Sibintang.


Mengawali sambutannya Bupati Tapanuli Tengah, yang diwakili oleh Antonius Simanjuntak menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada Rombongan Tim Penilai Desa Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2018 di Desa Sibintang.


Dijelaskan bahwa Desa Sibintang saat ini terpilih menjadi desa terbaik untuk mewakili Kabupaten Tapteng karena dinilai mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan baik.


Oleh karenanya Antonius berharap dengan adanya penilaian Desa Terbaik tingkat Provinsi ini dapat lebih memotivasi dan memacu semangat Kepala Desa yang merupakan lini terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat dalam melaksanakan amanah dan tugas dari pemerintah.


“Harapan kita tahun ini Desa Sibintang dapat terpilih menjadi Desa yang terbaik di tingkat Propinsi Sumut, sebagaimana seperti apa yang diharapkan,"Ucapnya

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim penilai, Yasir Hasan mengatakan tujuan kunjungan ini untuk menilai dan mengetahui sistem pemerintahan Desa Sibintang yang telah berjalan selama setahun belakangan ini.Selain itu untuk mengevaluasi bagaimana kinerja Kepala Desa dalam mengayomi dan melaksanakan tugas-tugasnya serta mampu menggerakkkan partisipasi swadaya gotong-royong masyarakat dengan baik.


Dalam penyampaian eksposnya, Kepala Desa Sibintang, Ahmad Tarihoran dan Ketua TP-PKK Desa Sibintang menyampaikan tentang perkembangan pembangunan, perekonomian, sumber daya alam dan inovasi desa yang diarahkan pada sektor pariwisata yang saat ini sudah menghasilkan Rp 120. 000.000 pada hasil brutonya yang dikelola oleh BUMDes BINTANG MANDIRI Desa Sibintang. Selain itu juga dipaparkan tentang kegiatan program-program serta pembinaan yang telah dilakukan oleh PKK Desa dalam upaya mensukseskan sepuluh program pokok PKK terhadap warga kelompok binaan.


Pantauan, selain mengajukan berbagai pertanyaan dari tim penilai, acara juga diisi dengan melakukan peninjauan pembangunan jalan rabat beton menuju kebun rakyat, pengadaan buku-buku perpustakaan dan juga pembangunan jalan menuju objek wisata Air Terjun Gorbus,  pengelolaan kolam berenang gorbus yang dibangun dari dana Desa tahun 2016-2017.