Kabag Agama Biro Binsos Provsu Tinjau 2 Mesjid Yang Akan Dibangun di Tapteng

foto bersama Bupati Tapteng Bahktiar Ahmad Sibarani, bersama biro Binsos Provsu dan OPD Tapteng. (Foto: Dinas Infokom Tapteng)


TAPTENG, rakyatsumut.com - Kabag Agama Biro Binsos Provsu H. Muhammad D bersama Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani beserta sejumlah anggota DPRD Tapteng, Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Tapteng meninjau 2 Mesjid yang diusulkan untuk dibangun di Tapteng yakni, Mesjid Al Muslimin Pandan dan Mesjid Raya Barus.

Kabag Agama Biro Binsos Provsu H. Muhammad D menjelaskan kehadirannya di Tapteng, Selasa (31/7), untuk meninjau langsung Mesjid Al Muslimin Pandan yang berada di Ibu Kota Kabupaten Tapteng.

"Mesjid Al Muslimin Pandan yang awalnya pertapakannya merupakan Mesjid Muslim Pancasila dan dan telah dihibahkan ke Pemkab Tapteng, setelah Gubernur dan DPRD Propinsi Sumatera Utara menyetujui dana hibah Pembangunan Mesjid Al Muslimin Pandan maka kami bersama-sama dengan Bupati Tapteng Insya Allah akan berkunjung sekali lagi ke Yayasan  Muslim Pancasila di Jakarta untuk  cross chek hibah Mesjid Al Muslimin Pandan sehingga kedepan tidak ada masalah keterkaitan dengan anggaran-anggaran, kita ikuti aturan yang berlaku di negara kita ini,"ujarnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan peraturan Gubernur Sumut salah satu persyaratan untuk mendapatkan Dana hibah bersumber dari P-APBD Provsu yaitu , Biro Dinsos terdiri dari empat orang berkewajiban mensurvey melihat  kelayakan Mesjid dimaksud, hasil dari survey nantinya akan membuat rekomendasi kepada Gubernur untuk diajukan dibukukan di P-APBD Tahun 2018 untuk dibahas bersama sama dengan DPRD Provsu.

"Do'akan saja sesuai dengan keinginan Bupati Tapteng, masyarakat Tapteng dan keinginan kita semua terwujud  Pembagunan kedua Mesjid ini. Harus kita dukung karena Tapteng merupakan Pilar Sejarah bahkan bukan hanya untuk Tapteng tapi dunia sama-sama kita berjuang untuk kemashalatan ummat," ucapnya.

Usai melakukan Survey di Mesjid Al Muslimin Pandan rombongan Kabag Agama Biro Binsos Provsu dan Bupati Tapteng langsung melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan Mesjid Agung di kota Barus, kehadiran Biro Binsos itu disambut masyarakat Barus dipelataran Masjid Raya Barus.

"Kedua Mesjid ini kami sangat bersemangat dilaksanakan pembangunannnya, salut melihat Pak Bupati sejak baru dilantik sampai dengan sekarang dengan semangat baru memikirkan pembangunan di Tapteng inilah sebenarnya pemimpin yang kita harapkan yang selalu mengabdi dan menjadi Pelayan bagi masyarakat," katanya.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemprovsu menunjukkan keseriusannya melalui Biro Binsos yang sudah turun langsung  kelapangan meninjau Lokasi Mesjid Al Muslimin Pandan dan Mesjid Raya Barus.

"Pada kesempatan itu Bupati memaparkan terkait perlunya pembangunan Mesjid dikota bersejarah ini, dimana dalam catatan sejarah bahwa kota Barus merupakan gerbang masuknya agama Islam pertama kenusantara," katanya.

Usulan pembangunan Mesjid tersebut sebut Bakhtiar, telah mendapat dukungan dari Komisi E DPRD Sumut agar dananya ditampung di P-APBD Sumut.

"Pemkab Tapteng terus berupaya untuk meyakinkan Pemerintah Sumut dan DPRD Sumut untuk membangun dua Mesjid di Tapanuli Tengah yakni Mesjid Raya Barus yang akan diganti namanya jadi Mesjid Agung dan Mesjid Al Muslimin Pandan. Adapun besaran anggaran diusulkan masing-masing Mesjid Agung Barus Dua puluh miliar lima ratus enam puluh satu juta rupiah dan Mesjid Al Muslimin Pandan dua  puluh miliar jumlah total anggaran sebesar empat puluh miliar lima ratus enam puluh satu juta rupiah. Besar harapan kita dengan dukungan Pemerintah Provsu dan DPRD Provsu Dana Hibah Pembangunan Mesjid dimaksud dapat ditampung di P-APBD Provsu Tahun 2018," harapnya. (rommy)