Setelah Protap, Wacana Provinsi Danau Toba Muncul


Edison Manurung

TAPUT, rakyatsumut.com – Wacana pembentukan Provinsi Danau Toba tercuat ketika, Edison Manurung yang merupakan staff khusus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang juga mantan ketua KNPI pusat ini berbincang-bincang dengan wartawan usai menerima aspirasi masyarakat Tapanuli Utara, terkait penolakan pergantian nama Bandara Silangit menjadi Bandara Sisingamangaraja XII.

Edison Manurung yang saat itu dijumpai wartawan di ruangan kantor Humas Pemkab Tapanuli Utara ini mengaku, bahwa saat ini Provinsi Danau Toba sedang di rancang. Bahkan, beberapa daerah yang direncanakan bergabung dengan Provinsi Danau Toba ini, sudah memiliki perwakilan masing masing untuk menjadi panitia pembentukan Provinsi Danau Toba.

“Iyah, semua daerah yang rencananya akan ikut sudah kita hubungi, dan sudah kita libatkan. Mudah-mudahan tidak ada lagi kendala, provinsi Danau Toba akan jadi,” ungkap Edison, Rabu (12/9/2018).

Edison menjelaskan, 8 daerah yang rencananya akan ikut dalam pembentukan Proinsi Danau Toba yakni, Taput, Tobasa, Samosir, Humbahas, Simalungun, Karo, Dairi dan Pakpak Barat. sementara, Sibolga dan Tapanuli Tengah belum ada kepastian. “Sibolga dan Tapanuli Tengah juga akan kita ajak, kalau mereka mau ayok gabung, kalau tidak mau, gak apa apa,” kata Edison, sembari bercerita kalau Provinsi Danau Toba jadi, maka Wisata Danau Toba tentu akan sangat berkembang pesat, sebagaimana giatnya Presiden Jokowi dalam membangun Destinasi Wisata Danau Toba. (Rommy)