Aksi Bersih Plastik di Pantai Indah Pandan, Gelorakan Semangat Bersih

oleh
Aksi bersih sampah plastik di Pantai Indah Pandan (PIP). Foto: istimewa

Rakyatsumut.com, Puluhan orang menggelar aksi bersih di objek wisata Pantai Indah Pandan (PIP) Kelurahan Mangga Dua Kecamatan Pandan, Sabtu (7/9/2019).

Aksi bersih ini digelar bersama Duta Wisata Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) dan Generasi Cerdas Mela (GCM), serta dimotori Dinas Pariwisata.

Aksi ini khusus mengutip sampah-sampah anorganik, terutama plastik yang berdampak buruk terhadap lingkungan. Sedikitnya 10 karung berhasil dikutip: plastik lembaran dan plastik padat.

Lantas dibersihkan dari pasir dan setelahnya plastik-plastik itu di pilah dengan dipandu Juwita dari Generasi Cerdas Mela (GCM). Pemilahan dilakukan dengan menggunting dan memotong. Puluhan Duta Wisata Tapteng dan peserta dari komunitas lain terlibat antusias.

“Kami dari Duta Wisata merasakan langsung secara praktis masalah yang dihadapi objek wisata yaitu sampah plastik,” kata Kordinator aksi, Faisal Akbar.

Dia menuturkan, selain bentuk dukungan agar objek wisata PIP bebas limbah plastik, aksi yang dilakukan diharapkan menjadi stimulus terutama bagi Duta Wisata, agar menjadi pioner di daerahnya masing-masing mendorong lingkungannya tetap bersih.

“Aksi bersih adalah ibarat upaya menyembuhkan, yang terpenting adalah bagaimana mencegah agar limbah plastik terus berkurang, yakni kesadaran diri agar mengurangi konsumsi plastik dan tak lagi membuang sampah sembarangan,” katanya.

Ketua HPI Tapteng Safrizal Pohan akrab disapa Pimpim menyebut, aksi bersih plastik harus terus digelorakan dan menjadi gerakan bersama seluruh elemen, baik kelompok maupun individu.

“Plastik merupakan salah satu musuh terberat lingkungan karena sulit terurai dan berdampak terhadap kesehatan, aksi-aksi (bersih sampah) begini kita harap menjadi gerakan dan meluas, tidak hanya di objek wisata, tapi di seluruh lingkungan,” kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Rahmad Saleh Jambak mengatakan, apa yang dilakukan merupakan upaya menggugah kesadaran, termasuk ke masyarakat, tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan termasuk pantai dan laut.

“Sampah plastik selain menjadikan keindahan pantai berkurang, juga sangat berbahaya terhadap ekowisata di laut,” ujarnya.

Aksi bersih sampah plasti dan pilah sampah berlangsung sekitar 4 jam. Usai aksi itu, juga digelar Diskusi Terfokus lingkungan dan menyusun program yang akan dilakukan.

“Rencana yang sudah disepakati itu, Duta Wisata akan menggelar Pentas Seni Pariwisata 27 September nanti, peringatan Hari Pariwisata Dunia, kita mohon doa dan dukungannya,” kata Faisal.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *