Begini Suasana Pengibaran Bendera Dari Bawah Laut dan Di Bungker Poncan Gadang Ala Komantab

oleh
Suasana saat bendera Merah Putih berkibar di perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga. Pengibaran bendera ini rangkaian kegiatan Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), memeriahkan HUT RI ke 74. Foto: Rakyatsumut.com/ Oktaf

Rakyatsumut.com, Upacara disusul pengibaran bendera Republik Indonesia dari bawah laut di perairan Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara yang dilaksanakan Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) berlangsung, Minggu (18/8/2019).

Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja hadir dan mengikuti prosesi upacara dan pengibaran bendera yang dilaksanakan di tepian pantai. Kasatlantas Sibolga AKP Akbar Lubis, Kabag Sunda, Kompol Irianto, Kabag Ops, AKP R Sihombing dan Kasat Reskrim, AKP D Harahap ikut mendampingi. Tampak juga Kordinator Pos SAR Sibolga Hari Susanto. Sementara Kasat sabhara AKP Agus Adhitama dipercaya menjadi inspektur upacara pada pengibaran kali ini.

Bendera Merah Putih berkibar di Bungker Poncan yang terletak di puncak bukit Pulau Poncan Gadang Kota Sibolga. Pengibaran bendera ini rangkaian kegiatan Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), memeriahkan HUT RI ke 74. Foto: Rakyatsumut.com/ Oktaf

Tampak puluhan peserta berbaris di tepian pantai. Sejumlah penyelam dipimpin Maecenas Adhara Donnya dan Rahmand Maulana Harahap menggerek bendera dari dasar laut. Lagu Indonesia Raya mengiring sepanjang proses pengibaran berlangsung. Kapal Polairud, Basarnas dan sejumlah kapal lainnya melakukan penjagaan.

Sementara di Bungker Poncan prosesi pengibaran bendera dipimpin Afrizal Prima Akhir Pohan dan belasan pramuka. Di laut bendera dikibar berukuran 2×3 meter, sementara di Bungker Poncan yang terletak puncak bukit berketinggian 116 meter di atas permukaan laut, bendera yang dikibarkan berukuran 4×6 meter.

Suasana saat bendera Merah Putih berkibar di perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga. Pengibaran bendera ini rangkaian kegiatan Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), memeriahkan HUT RI ke 74. Foto: Rakyatsumut.com/ Nofi

AKP Agus Adhitama dalam amanahnya mengapresiasi pengibaran bendera tersebut. Dia juga menyebut bangga dengan kegiatan yang bertujuan positif tersebut.

“Ini adalah kegiatan yang harus didukung, karena muaranya tentu sangat positif, apalagi bagi generasi muda,” katanya.

Tangkapan drone saat bendera Merah Putih berkibar di perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga. Pengibaran bendera ini rangkaian kegiatan Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), memeriahkan HUT RI ke 74. Foto: Rakyatsumut.com/ Oktaf

Sementara itu, Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja mengatakan aksi-aksi lingkungan harus terus digalakkan untuk mendorong penyelamatan lingkungan.

“Kampanye perlindungan lingkungan harus terus kita gelorakan, karena┬ákitalah yang melindungi lingkungan dan alam kita ini,” katanya.

Pengibaran bendera ini menjadi rangkaian Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komantab sepanjang dua hari sejak Sabtu (17/8/2019)dan Minggu (18/8/2019). Pengibaran bendera dari bawah laut kali ini menjadi event ketiga yang digelar komunitas ini.

Tangkapan drone suasana upacara pengibaran bendera Merah Putih di perairan Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (18/8/2019). Pengibaran bendera ini rangkaian kegiatan Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), memeriahkan HUT RI ke 74. Foto: Rakyatsumut.com/ Oktaf

Selain pengibaran bendera dan upacara, sejumlah kegiatan lain yang digelar antara lain: aksi bersih pantai, kemping pinggir pantai, belajar panahan, diskusi lingkungan, peletakan artificial reef, snorkling dan try scuba diving.

Tangkapan drone suasana Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) memperingati HUT RI ke 74 di Pulau Poncan Gadang, Kota Sibolga, Sumatera Utara, yang berlangsung sejak Sabtu (17/8/2019) hingga Minggu (18/8/2019). Foto: Rakyatsumut.com/ Oktaf

Kegiatan ini didukung sejumlah lembaga dan instansi, di antaranya Lanal Sibolga, Polres Sibolga, Pemko Sibolga, Pemda Tapteng, DPP Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia, PLN UPDK Pandan, PLN UPK Labuan Angin, Bank BTPN Cabang Sibolga, Bank Sumut Cabang Sibolga, Bank BRI Cabang Sibolga, Dinas Pariwisata Sibolga, Dinas Pariwisata Tapteng, BPSPL Padang, Dinas DP2KB Sibolga, Sibolga Marine Resort, Pos SAR Sibolga, Rumah Cetak, Queen Tour, Jaringan Monitoring Tambang (JMT), Lindung organizer dan sejumlah lembaga lainnya.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *