JMT Apresiasi Giat Agustusan Komunitas Menjaga Pantai Barat

oleh
Flyer Giat 3.0 Komantab di Pantai Barat. Istimewa

Rakyatsumut.com, Jaringan Monitoring Tambang (JMT) menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang digelar Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) dalam mengisi perayaan kemerdekaan tahun ini, yang mensinergikan semangat kemerdekaan dan kampanye penyelamatan lingkungan.

“Kemerdekaan Indonesia juga harus mengartikan bahwa setiap sudut negara ini selamat dari kerusakan lingkungan dan alam,” kata Direktur JMT, Ali Adam kepada Rakyatsumut.com lewat pesan singkat, Senin (11/8/2019).

Menurut Adam, ide dan gagasan menyelenggarakan aksi kemping di pinggir pantai harus didukung. Menurutnya, saat ini, aksi kemping jadi trending di kalangan anak muda milenial. Sayangnya gunung masih menjadi tujuan utama.

“Nah, mendorong agar kemping semakin di intenskan di pinggir pantai, akan turut mendorong semakin menguatnya isu-isu kecintaan lingkungan terhadap pantai, laut dan pesisir, ini ide brilian,” tukas Adam.

Dia menyebut, semangat Menjaga Pantai Barat yang dicetuskan komunitas ini menjadi stimulus yang harus direspon positif semua kalangan. Apalagi mengingat kerusakan lingkungan yang semakin kemari semakin rusak.

“Laut dan pantai adalah muara sampah dan plastik, saat ini sangat dibutuhkan kampanye yang meluas dan membumi agar kerusakan tidak terus terjadi,” ujar Adam.

Diketahui, Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab) menggelar Kemah Merdeka dan Bakti Lingkungan untuk mengisi perayaan hari kemerdekaan tahun ini.

Kegiatan akan berlangsung 17 dan 18 Agustus. Kemping akan berlangsung sejak 17 Agustus, sementara puncak kegiatan akan berlangsung 18 Agustus. Selain kemping, aksi bertema lingkungan lain akan digelar secara rangkaian.

Di antaranya aksi bersih pantai, ecobrik, pilah sampah, try scuba diving, snorkling, panggung musik akustik. Rangkaian puncak, pengibaran Bendera Merah Putih di dua titik, yakni di perairan Poncan Gadang dan Bungker Poncan.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *