SMAN 1 Plus Matauli Pandan Buka Pendaftaran Siswa Baru

oleh
Kepala SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Murdianto. Rommy/rakyatsumut.com

Rakyatsumut.com – SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara membuka seleksi pendaftaran siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 secara online.

“Sudah dijelaskan oleh Kadis Pendidikan Sumatera Utara, bahwa kita masih bisa melaksanakan seleksi seperti tahun-tahun sebelumnya, termasuk seleksi akademik, seleksi kesamaptaan, dan seleksi kesehatan,” ungkap Murdianto di ruang kerjanya kepada wartawan, Rabu (13/2/2019).

Menurut dia, untuk seleksi kesehatan, pihaknya menyerahkan seleksi ini kepada Rumah Sakit Daerah masing-masing dimana calon siswa berasal.

“Disini nanti hanya mencocokkan surat kesehatan mereka, yang pasti dokternya adalah dokter pemerintah, untuk tes kesamaptaan jasmani harus diawali dengan surat kesehatan yang diperbolehkan mengikuti tes kesemaptaan A dan B, dan itu harus tertuang dalam surat kesehatan yang dikeluarkan daerah masing-masing,” urainya.

Untuk seleksi psikologi, Murdianto mengaku pihaknya akan bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Sementara untuk pendaftarannya, akan dibuka 1 Maret 2019.

“Dengan tes piskologi, kita akan mengetahui potensi-potensi yang ada dalam diri calon siswa-siswi kita yang baru, dan ini akan dipakai untuk pengelompokan, baik IPA maupun IPS. Perlu diingat, siswa yang mau mendaftar bebas dari daerah manapun, asal memenuhi syarat yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Ditegaskan, seleksi ini tidak memungut biaya apapun. Dan hasil dari seleksi akan disampaikan secara transparan.

“Tidak perlu kenal dengan pejabat atau kenal dengan kepala Sekolah, yang pasti calon Taruna-Taruni harus mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi dengan syarat yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Murdianto mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Kadis Pendidikan Sumatera Utara yang telah memberikan ijin kepada sekolah mereka untuk membuka jalur mandiri.

“Jika calon Taruna-taruni adalah siswa berprestasi, kita juga siapkan jalur berprestasi,” tutupnya.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *