Dampak Kabut Asap, Bandara Pinangsori Berlakukan Status Buka Tutup

oleh
Bandara DR FL Tobing Pinangsori, Tapteng. Foto Rakyatsumut.com/ oktaf

Rakyatsumut.com, Bandara DR FL Tobing Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara memberlakukan status buka tutup untuk penerbangan.

Pemberlakuan ini disebabkan kondisi kabut asap yang terus menyelimuti kawasan Pantai Barat Sumatera Utara hingga Selasa (24/9/2019).

“Bandara sudah dibuka lagi sejak hari ini, kemarin benar sudah ditutup, pemberlakuan status buka tutup ini tergantung kondisi kabut apakah berbahaya atau aman untuk mendarat, dan sejauh ini NOTAM (Notice to Airman) belum ada dikeluarkan,” kata Humas Bandara Afdilla Chair Pane kepada Akurat.co di Bandara.

Disebutkan, 3 penerbangan dijadwalkan mendarat hari ini. Yakni, Garuda dari Jakarta dan dua penerbangan Wings Air dari Kualanamu, Deli Serdang.

“Khusus Garuda sudah delay hingga sore nanti, kita masih terus menunggu kabar. Sementara dua penerbangan Wings masih belum dapat kabar,” katanya.

Sementara itu Pane menjelaskan status kemampuan pesawat yang biasa mendarat di Bandara itu. Misalnya untuk jenis Bombardir Garuda yang berkemampuan jarak padang 4 ribu meter. Sementara Wings Air dan Citilink berjenis ATR sejauh 3 ribu meter.

Dengan status Bandara DR FL Tobing kelas III, Pane menerangkan pihaknya hanya menjalankan tugas pelayanan penerbangan. Keputusan apakah pesawat mendarat atau tidak dalam status jarak pandang terbatas, dikembalikan kepada masing-masing Pilot.

“Bedanya dengan Bandara Internasional seperti Kualanamu dan Silangit, pihak Tower bisa memutuskan apakah pesawat boleh mendarat atau tidak,” kata Pane.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *