Dituding Lakukan Pungli Nelayan, ini Jawaban Danlanal Sibolga

oleh

Rakyatsumu.com – Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman meminta seluruh tuduhan pungutan liar yang dialamatkan ke dirinya dan jajarannya agar dibuktikan saja melalui jalur hukum.

“Tadi banyak tuntutannya tentang pungli, namun saya menyatakan, kalau ada bukti, laporkan ke saya dan ke atasan saya. Karena kami institusi memiliki atasan dan pengawas masing-masing,” ujar Danlanal kepada awak media di Mako Lanal Sibolga, Kamis (17/10/2019).

Betrawarman mengaku tak mau berpolemik dengan menjawab semua tudingan ke dirinya.

“Saya tidak mau berpolemik, lebih baik tempuh saja lewat atasan saya. Kalau pemerasan lewat kepolisian. Terkait pungli, silahkan dibuktikan,” kata dia.

Kendati dia meyakini, personil yang ia pimpin di Lanal Sibolga tidak melakukan pungli.

“Saya kenal personil saya, tapi selama saya disini saya yakinkan bahwa tidak ada pungli, gak tahu sebelumnya, tapi ya silahkan jika ada bukti,” tukasnya.

Disinggung rencana DPRD Sibolga memanggil pihaknya terkait tuntutan ribuan nelayan, Danlanal mengaku akan hadir.

“Kalau ada hearing (rapat dengar pendapat), saya akan datang. Karena DPRD adalah media menyampaikan aspirasi masyarakat,” pungkasnya.

Meski terlihat pasif menanggapi demonstrasi, Danlanal agaknya tak mau diam. Tuduhan bernada fitnah, menurutnya akan dikaji dan akan dianalisa apakah akan dibawa ke ranah hukum atau tidak.

“Akan dikaji apakah itu fitnah, apakah akan menempuh jalur hukum atau tidak,” ucapnya.

Sementara itu dia mengaku akan tetap melakukan penegakan hukum terhadap kapal-kapal pukat trawl sebagaimana aturan berlaku, meski tuduhan miring dan desakan pencopotan terus dialamatkan ke dirinya.

“Silahkan, tuduhan banyak ke saya, tapi apapun tuduhan itu saya bertanggungjawab,” ujarnya.

Laporan: Rommy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *