Baru Lahir, Bayi Peserta JKN-KIS Wajib Didaftarkan

oleh

Rakyatsumut.com –  Bayi yang baru lahir, wajib didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang telah di teken Presiden Joko Widodo 17 September 2018 lalu.

“Wajib didaftarkan (bayi baru lahir dari peserta JKN-KIS) ke BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan. Aturan ini mulai berlaku 3 bulan sejak Perpres di undangkan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rudhy Suksmawan Hardiko di aula kantor BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Rabu (19/12/2018).

“Secara otomatis status kepesertaan bayi akan mengikuti orang tuanya sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI),” timpalnya.

Katanya, Untuk bayi yang dilahirkan bukan dari peserta JKN-KIS maka diberlakukan ketentuan pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pada umumnya.

“Proses verifikasi  pendaftarannya memerlukan waktu 14 hari kalender, setelah rentang waktu itu iuran baru bisa dibayarkan. kami himbau orang tua segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS agar penjaminan sang bayi lebih praktis,” pungkasnya.

(BOY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *