Waspada, Ditemukan Buah Mengandung Formalin di Sibolga

oleh
Buah semangka mengandung formalin di Kota Sibolga. Foto/ dok

Rakyatsumut.com – Menjelang perayaan Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 2019, masyarakat di Kota Sibolga, Sumatera Utara dihimbau untuk mewaspadai buah-buahan yang mengandung bahan pengawet berbahaya.

Pasalnya di kota tersebut, ditemukan dua jenis buah masing-masing Anggur dan Semangka yang positif mengandung formalin.

Temuan itu, saat Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang bersama Forkopimda, Bulog, Bank Indonesia dan sejumlah instansi melakukan inspeksi harga di dua pasar tradisional, Senin (17/12).

“Setelah dicek, terdapat dua jenis buah-buahan di pasar, Anggur dan Semangka positif berformalin,” beber Wali Kota Syarfi.

Diungkapkan, kandungan tersebut ditemukan setelah dilakukan pengujian laboratorium oleh dinas kesehatan. Kandungan formalin tersebut menurut dia, sudah ada sejak di kirim dari Negara importir.

“Semangka itu disuntik, Anggur dicampur dengan formalin, dikirim dari negaranya kesini utuh, tapi keselamatan jiwa kita terganggu,” bebernya.

Wali Kota Syarfi pun mengimbau masyarakat dan para pedagang agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kandungan-kandungan berbahaya pada buah dan makanan cepat saji.

“Yang membuat formalin kadang bukan pedagang, tapi pembuat ikan asinnya, itu yang mau kita cek,” ujarnya.

(Oktaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *