Dana Desa Menjawab Keluhan Masyarakat Tapian Nauli IV

oleh
Camat Tapian Nauli, Rinaldi Siregar saat melakukan monitoring pelaksanaan pembangunan Dana Desa di Desa Tapian Nauli IV bersama Kepala Desa Tapian Nauli IV, Simri dan Para Pendamping Desa, Keamatan Tapian Nauli.

Rakyatsumut.com – Program Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah Pusat diseluruh Desa yang ada di Idonesia, ternyata berdampak positif terhadap embangunan infrastruktur. Salah satunya Desa Tapian Nauli IV, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Menurut pengakuan Kepala Desa Tapian Nauli IV, Simri Hutagalung kepada rakyatsumut.com menjelasakan, bahwa semenjak Dana Desa mereka terima, sudah banyak jalan yang mereka bangun lewat Dana Desa, bahkan selama ini nyaris tidak ada pembangunan di Desanya.

“Jalan-jalan di Desa kami sudah mulai terbangun, bahkan jalan yang sudah lama tidak tersentuh pembangunan pun, kini sudah dibangun lewat DD,” ungkap Simri, Rabu (06/11/2019).

Dijelasakannya, untuk tahun 2019 sesuai hasil Musyawarah Desa (Musdes) mereka telah membangun rabat beton sepanjang 230 meter yang berada di dusun IV, kemudian kegiatan pemanfaatan drainase untuk budidaya ikan lele sebanyak 1500 ekor yang selama ini dikelola oleh masyarakat.

Untuk penerangan jalan, Simri mengaku, pihaknya telah menganggarkan Dana Desa dengan membangun 7 titik lampu jalan yang berada disetiap dusun.

“Desa kita ini dulunya jarang tersentuh pembangunan, tapi semenjak Dana Desa dikucurkan, kita sudah membangun beberapa lokasi yang dinilai masyarakat sangat dibutuhkan, karena memang dasar pembangunan ini, harus melalui musyawarah Desa,” ucapnya.

Selaku Kepala Desa di Desa Tapian Nauli IV, Simri mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI, Joko Widodo dan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang selama ini telah membimbing mereka dalam pelaksanaan Dana Desa.

Kami Sudah Merdeka Berkat Dana Desa

Ridawati Hutagalung (49) salah seorang warga dusun IV, Desa Tapian Nauli IV, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara mengaku, bahwa saat ini mereka sudah merdeka dengan pembangunan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo lewat Dana Desa.

“Puluhan tahun tidak pernah terbangun, setelah ada dana desa baru dibangun, sebelumnya jalan kami ini berlumpur. Mobil tidak bisa masuk, tapi setelah dibangun dengan DD, mobil pun sudah masuk hingga kedepan rumah kami,” bebernya.

Ridawati menerangkan, bahwa sebelum ada program Dana Desa, mereka sudah pesimis, bahwa jalan mereka tidak akan terbangun sampai kapanpun.

“Kami sangat berterimakasih kepada pak Jokowi, dengan DD, jalan kami sudah bagus, tidak becek lagi, saat ini kami sudah merasakan pembangunan nyata dari pak Jokowi. Meski tanaman kami harus ditebang, kami rela demi pembangunan Desa. Semoga kedepan, Dana Desa di kampung kami ini semakin bertambah, karena masih banyak yang harus kami bangun,” pungkasnya.

 

Laporan: Rommy

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *