Dedi: JKN-KIS Harapan Rakyat

oleh
Dedi Kurniawan. Foto: istimewa

Rakyatsumut.com, Sejak dicanangkan oleh pemerintah pada tahun 2014, Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan tujuan awal dibentuknya Program JKN-KIS ini memang adalah untuk memberikan kepastian terjaminnya kebutuhan dasar masyarakat yaitu kesehatan.

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat bagi dirinya sendiri dan keluarganya adalah Dedi Kurniawan. Dedi yang merupakan peserta JKN-KIS yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini mengaku sangat terbantu dan bersyukur dengan adanya program yang mulia ini.

Pria berusia 27 tahun ini telah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2018, dan ia terdaftar di kelas 2. Ia mengaku bahwa seluruh keluarganya merupakan peserta JKN-KIS yang pernah merasakan manfaat ketika mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Ketika dikunjungi dikediamannya pada Selasa (24/12), Dedi menceritakan pengalamannya dahulu sebelum era JKN-KIS. Ketika salah satu anggota keluarganya jatuh sakit keras sehingga membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Ia mengaku bahwa keluarganya mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat membayar segala pelayanan yang diterima di rumah sakit.

“Dulu sebelum ada JKN-KIS, orang tua pernah jatuh sakit dan harus menjalani operasi di rumah sakit. Biaya untuk operasi kira-kira hampir puluhan juta rupiah,” tutur Dedi.

Hingga saat ini, anggota keluarga Dedi juga masih melakukan pengobatan secara berkala di fasilitas kesehatan. Namun, Dedi tidak merasakan kekhawatiran seperti dulu lagi. Karena ia tahu bahwa semua biaya pelayanan kesehatan yang didapatkan telah dijamin oleh Program JKN-KIS.

“Bersyukur sekali sekarang sudah ada Program JKN-KIS, kebetulan keluarga sering menggunakan kartu JKN-KIS kalau mau berobat ke rumah sakit. Jadi terbantu sekali sekarang untuk biayanya sudah ditanggung sama Program JKN-KIS,” ucap Dedi.

Dedi menjelaskan bahwa pelayanan yang diterima dirinya dan keluarga sebagai peserta JKN-KIS sangat memuaskan. Ia tidak merasakan adanya perbedaan perlakuan antara peserta JKN-KIS dan peserta lainnya.

Diakhir diskusi, Dedi menyampaikan harapannya kepada pemerintah agar Program JKN-KIS tetap terus berlangsung dan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

“Semoga ada terus program JKN-KIS ini, banyak rakyat kecil yang terbantu dengan adanya BPJS ini. Nanti kalau misalkan tidak ada lagi Program JKN-KIS, rakyat kecil pasti akan susah kalau mau berobat,” tutur Dedi.

Laporan: Boy Andika/ rilis Humas BPJS Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *