Desa Mela II Manfaatkan Dana Desa Untuk Pembelian Alat Kesehatan

oleh
Camat Tapian Nauli bersama Kepala Desa mencoba alat pemeriksaan kesehatan yang dianggarkan lewat dana desa.

Rakyatsumut.com – Masyarakat yang lanjut usia (lansia) bersama para anak sekolah dan balita trurut serta mencicipi Dana Desa secara langsung tahun anggaran 2019 di Desa Mela II.

Kepala Pustu Mela II, Dermadiaman Sihombing kepada rakyatsumut.com menjelaskan, bahwa selama tahun 2019, mereka secara rutin selalu melaksanakan senam untuk para lansia, serta pemberian makanan tambahan.

“Kita rutin melaksanakannya, termasuk sekali sebulan kita juga menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para lansia, termasuk pemberian makanan tambahan, dan susu,” jelasnya.

Kepala Desa Mela II, Jhonny Simanjuntak menjelaskan, bahwa lansia yang ikut di Desa mereka sebanyak 65 orang dan semuanya sudah mendapatkan seragam baju olahraga dan sepatu yang ditampung lewat Dana Desa, yang sudah dapat seragam, dan memang banyak masyarakat yang ikut, hanya saja belum mendapatkan seragam.

Lansia Mela II Foto bersama dengan Kepala Desa, aparat desa, serta pengurus posyandu dan pendamping Desa.

Selain pembelian seragam, Kades bercerita, bahwa tahun 2019 Dana Desa juga mereka anggarkan untuk pembelian mobiler posyandu seperti, pembelian alat-alat kesehatan, timbangan berdiri, termos vaksi dua unit, cek gula dua unit, cek darah dua unit,  dan kolesterol dua unit, asam urat dua unit, tensi dua unit, stetoscop dua unit.

“Di Desa kita ada dua pustu, makanya pengadaannya sekaligus dua unit, kedepan harapan kita, para lansia semakin sehat dan semakin bersemangat,” harapnya.

Dijelaskan, untuk pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah dan balita ada sebanyak 860 orang, dan pemberian ini dilakukan selama tiga kali setahun.

“Tim kader posyandu desa Mela II juga kita berikan intensif yang diterima sebanyak 12 orang, dengan harapan, para kader posyandu semakin bersemangat, untuk melaksanakan tugasnya, demi pencapaian pembangunan yang maksimal lewat Dana Desa,” pungkasnya.

Laporan: Rommy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *