Diduga Menipu CPNS, Mantan Bupati Tapteng Ditahan di Lapas Sibolga

oleh
Kajari Sibolga, Timbul Pasaribu saat diwawancarai wartawan. rakyatsuut.com/ oktaf

Rakyatsumut.com – Mantan Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang saat ini sudah berada di Lapas Kelas IIA Sibolga. Bonaran ditahan, atas kasus dugaan penipuan CPNS tahun 2013 yang ditangani Polda Sumatera Utara.

Dan selama menjalani proses persidangan terkait dugaan penipuan CPNS tahun 2013 tersebut, Raja Bonaran Situmeang menjalani penahanan di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sibolga.

“Ya, tentu ditahan di sini (Lapas),” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Sibolga, Timbul Pasaribu kepada awak media, usai serah terima berkas dari Polda Sumut ke Kejari Sibolga, Senin (11/2/2019).

Sebelumnya, Timbul mengatakan, pelimpahan tersebut dikarenakan proses persidangan yang akan dijalani Bonaran akan dilakukan di Pengadilan Sibolga.

“Bagaimana proses penyidikan nanti akan lebih jelas lagi di sidang terbuka dalam waktu dekat ke PN Sibolga,” ungkapnya.

Sementara itu dia menyebut, kasus yang menjerat mantan pengacara itu yakni pasal 378 dan 372 KUHP serta pasal 4 undang-undang nomor 8 tentang pencucian uang. “Ancaman lebih dari 5 tahun,” kata Timbul.

Terpisah, Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas IIA Sibolga I Gusti membenarkan Bonaran Situmeang ditahan di Lapas tersebut.

“Iya, ini tadi sudah serah terima,” katanya.

Menurut dia, Bonaran akan ditempatkan berbaur dengan wargabinaan lain.

“Berbaur bang, gak ada khusus, dan disini semua kamar kan sudah penuh, jadi ya nyatu dengan wargabinaan lain,” katanya.

Raja Bonaran Situmeang sebelumnya menyelesaikan masa hukumannya selama 4 tahun dalam kasus penyuapan terhadap Akil Mochtar. Usai keluar dari tahanan, Bonaran kembali ditahan Polda Sumut terkait laporan dugaan penipuan CPNS tahun 2014.

laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *