Guntur Romli Sebut, Sumut Adalah Basisnya Nasionalis

oleh

Rakyatsumut.com – Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Guntur Romli mengungkapkan, Sumatera Utara menjadi basisnya kelompok-kelompok nasionalis termasuk PSI.

“Kita melihat basis di Sumut basis nasionalis, merah putih, dan ini sesuai misi PSI yang anti intoleransi dan korupsi,” kata Guntur kepada wartawan usai bertemu perwakilan Keuskupan di Sibolga, Rabu (6/2/2019).

Kesimpulan itu didapat Guntur usai bertemu dengan kelompok-kelompok keagamaan di beberapa daerah di Sumatera Utara.

Menurut dia, keberagaman dan toleransi beragama di Sumut yang menjadi semangat nasionalisme itu terjaga dengan baik.

“Kemarin kami datang ke Parmalim, kemudian HKBP di Tarutung dan Keuskupan di Sibolga, inilah menjadi contoh Indonesia, ada keharmonisan antara agama dan budaya, ini bisa jadi potret keberagaman dan harmonisme,” katanya.

Saat banyaknya isu dan peristiwa intoleransi di Indonesia. Guntur Romli mengaku sengaja mendatangi Sumut dan berkeliling ke berbagai daerah bersama pengurus DPW PSI Sumut dan bertemu dengan banyak kelompok keagaamaan di Sumut.

“Dan ini kami datang ke Sumut untuk mereguk kembali oase kedamaiannya, Sumut ini multi etnis dan harmonis,” katanya.

Sementara itu, Guntur mengungkapkan bahwa menghempang isu-isu radikalisme, dapat dilakukan dengan mendorong kelompok mayoritas di Indonesia yang sejatinya anti intoleransi, tapi memilih diam.

“Disini pentingnya PSI bersuara lantang,” tukasnya.

Ia kembali menyebut satu contoh suara lantang yang datang dari PSI: yakni penolakan Perda Syariat Islam. Dia menjelaskan, Perda ini tidak saja merugikan masyarakat di luar Islam, tapi juga umat Islam.

“Karena Islam itu beragam dan dia tidak boleh ditafsirkan oleh sekelompok golongan saja,” katanya.

Laporan: oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *