Jalur Tol Parapat-Tarutung-Sibolga Segera Terwujud

oleh
Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Foto Rakyatsumut.com/ Oktaf

Rakyatsumut.com, Jalur Tol penghubung Parapat-Sibolga, Sumatera Utara akhirnya mendapat respon positif dari kementrian PUPR.

Hal itu diungkap Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani di Pandan, Jumat (20/9/2019). Dia menyebut mendapat surat balasan tentang surat usulannya agar jalur Tol tersebut dipercepat pembangunannya.

“Ini adalah anugerah. Dan memang ini program nasional, tapi kita memang jemput bola, karena kalau tidak, bisa saja (jalur Tol) akan dialihkan ke daerah lain,” kata Bupati.

Bupati mengapresiasi respon cepat Dirjen Bina Marga itu. Apalagi direncanakan studi kelayakan akan dilakukan tahun 2020 mendatang.

“Akan dilakukan juga analisis dampak lingkungan dan kajian lainnya termasuk pembebasan lahan,” ujarnya.

Bakhtiar mengaku jalur Tol tersebut menjadi harapan baru semakin bergeliatnya ekonomi, sosial dan kepariwisataan baik di Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

“Ekses wisata dari Danau Toba bisa datang ke Sibolga dan Tapanuli Tengah, begitu juga sebaliknya, demikian juga geliat transportasi juga akan bertumbuh termasuk dari Singkil, Aceh, kalau mau ,” ungkapnya.

Soal perekonomian, Bupati menyebut akan berdampak besar terhadap arus distribusi barang dan jasa, terutama sektor perikanan yang menjadi salah satu andalan dari Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Soal pembebasan lahan yang kerap jadi masalah pelik, Pemkab Tapteng akan pasang badan. Bupati meyakini masyarakat akan mendukung program ini.

“Kami akan turun tangan meyakinkan masyarakat, karena ini dampaknya langsung juga ke masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap pembangunan ini juga mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk putra-putra daerah dimana jalur Tol tersebut melintas.

“Kami minta putra daerah Tapteng, Sibolga dan Taput juga mau ikut bermohon agar jalur Tol ini bisa cepat terealisasi,” harap Bakhtiar.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *