Komantab Apresiasi Warga dan Lanal Sibolga yang Selamatkan Penyu: Dukung Pelepasan

oleh
Penyu yang disebut berjenis Galapagos saat menjalani treatmen di STPS usai dijaring nelayan dan diserahkan ke Lanal. Foto:istimewa

Rakyatsumut.com, Kordinator Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab), Maecenas Adhara Donnya mengapresiasi upaya penyelamatan seekor Penyu yang dilakukan warga dan Lanal Sibolga.

“Kita apresiasi, walau kita tidak kenal siapa warga itu, tapi dia pahlawan, kita apresiasi sikapnya menyelamatkan penyu dan membawanya ke Lanal,” kata Maecenas akrab disapa Doni kepada wartawan di Sibolga, Kamis (5/9/2019).

Doni juga mengapresiasi langkah cepat pihak Lanal yang kembali menyerahkannya ke pihak yang paling mengerti penanganan Penyu, yakni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Sibolga.

“Kabarnya Penyu di Treatmen ya, mudah-mudahan membantu pemulihan pasca Penyu alami stres usai ditangkap,” kata Doni.

Kendati demikian, Doni mendukung pelepasan sesegera mungkin. Apalagi jika upaya pemulihan Penyu sudah berhasil dilakukan.

“Kita dukung STPS dan Lanal untuk pelepasan,” kata Doni.

Terpisah, Ketua STPS Lucien Sitanggang menyebut kondisi Penyu yang ia sebut berjenis Galapagos itu sudah mencapai 95 persen.

“Sebelumnya kan ada satu jam usai dijaring, Penyu kekurangan oksigen karena saat dibawa tidak bersama air laut, makanya butuh pemulihan, dan sekarang kondisinya sudah cukup baik,” ungkap Lucien.

Menurutnya, pelepasan Penyu itu akan segera dilakukan. Meski jadwal awal akan dilepar hari Sabtu nanti. Karena kondisi pemulihan berlangsung cepat, Penyu itu menurutnya akan dilepas hari ini.

“Rencananya pelepasan bersama pihak Lanal, akan dilepas di perairan Pulau Mursala, ini sedang menunggu pick up, rencana sebelum jam sepuluh pagi ini sudah bergerak,” katanya.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *