Tiamri Gorat: Senam Lansia Membuat Kami Lebih Rileks

oleh
Kepala Desa Pahieme II, Jamara Purba foto bersama dengan lansia.

Rakyatsumut.com – Masyarakat yang sudah lanjut usia atau Lansia di Desa Pahieme II, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, mengaku senam lansia yang diprogramkan dari Dana Desa tahun 2019 membuat mereka lebih sehat dan rileks.

“Kami sangat senang, program ini sangat membantu bagi kami para lansia, karena kami merasakan, semakin hari kami semakin sehat, selain mendapatkan senam dan makanan tambahan, kesempatan senam kami pergunakan untuk bertukar pikiran dengan teman-teman lansia lainnya, sehingga pikiran terasa tenang dan tertawa bersama –sama,” ungkap Tiamri Gorat salah seorang lansia, Kamis (7/11/2019).

Ia juga menurutkan, selain senam yang diprogramkan dari Dana Desa, pihak Puskesmas Sorkam Barat juga membuat program Jalan Sehat Lansia(JaSeLa). “Terimakasih kepada bapak Presiden RI, Joko Widodo dan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah berupaya membuat program kepada kami para lansia, semoga kedepan, kegiatan Lansia semakin ditingkatkan, agar para lansia semakin sehat,” tegasnya.

Disisi lain, Tiamri bersama rekan-rekan lansi juga meminta kepada Kepala Desa, agar tahun 2020 mereka diberikan satu kegiatan lagi, yaitu beternak. “Kami mengusulkan, agar diberikan kegiatan beternak ayam atau ternak apalah, supaya kedepan kami bisa lebih mandiri, tidak harus melapor sama kepala Desa,” cetusnya.

Kepala Desa Pahieme II, Jamara Purba menjelaskan, bahwa sampai saat ini, Lansia di Desa mereka yang tercatat mencapai 80 orang. Para lansia melaksanakan senam sekali dalam seminggu di desa, dan sekali dari program puskesmas.

“Jadi kegiatan senam dilaksanakan dua kali seminggu. Untuk kelengkapannya, kita telah memberikan beberapa bantuan kepada lansia, termasuk pemberian seragam olahraga dan sepatu, makanan tambahan dan susu untuk lansia, serta pengeras suara,” bebernya.

Kepala Desa Pahieme II, Jamara Purba.

Ibu Hamil dan Balita Terima Manfaat Dana Desa

Selain lansia, ternyata Dana Desa di Desa Pahieme II juga diprogramkan untuk para ibu hamil dan balita. Dimana untuk tahun 2019, Desa Pahieme II memberikan makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita sebanyak 42 orang, serta pemberian mobiler untuk posyandu balita dan ibu hamil seperti alat timbangan sebanyak satu unit.

Untuk intensif, Desa Pahieme II juga menampung Bantuan honor intensif untuk kader posyandu sebanyak 4 orang, Intensif keagamaan untuk guru sekolah minggu sebanyak 4 gereja, yakni gereja HKBP Kota Ilalang sebanyak 4 orang, HKI Syamayin sebanyak 2 orang, gereja GKPI dua orang, Gereja Pentakosta sebanyak dua orang, serta Honor untuk guru PAUD dua orang.

“Kita juga melengkapi kebutuhan mobiler PAUD, seperti alat alat bermain paud, meja belajar,  kursi belajar, meja guru, kursi guru, lemari kelas, belanja ayunan santai, ayunan bulat, belanja perosotan, belanja rumah perosotan, dan belanja jungkitan,” pungkasnya.

Laporan: Oktaf

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *