DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Tapanuli Tengah Terbentuk, Pimpim Didaulat Sebagai Ketua

oleh
Afrizal Prima Akil Pohan akrab disapa Pimpim saat menerima Pataka HPI dan didaulat menjadi ketua HPI Tapanuli Tengah. Foto: dok HPI Tapanuli Tengah.

Rakyatsumut.com, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara telah terbentuk dengan difasilitasi Dinas Pariwisata setempat.

Pada kepengurusan DPC HPI ini, Afrizal Prima Akil Pohan didaulat menjadi punggawa ketua dan memimpin organisasi berbasis kepariwisataan ini.

Pelantikan kepengurusan digelar di Hotel PIA Pandan, Selasa (30/4/2019). Para pengurus HPI diserahi Pataka dan Pin HPI. Hadir Ketua DPD HPI Sumatera Utara Kus Endro, Asisten II Pemkab Tapanuli Tengah, para pejabat Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah.

“Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki wisata bahari, wisata sejarah, wisata alam beserta kebudayaannya, dan ini adalah potensi yang tak boleh disia-siakan, HPI hadir untuk bermitra dengan berbagai lembaga dan instansi baik pemerintah maupun swasta,” kata Ketua HPI Tapanuli Tengah Afrizal yang juga akrab disapa Pimpim kepada awak media usai dilantik.

Dia mengatakan, berkembangnya kepariwisataan tak terlepas dari penguatan sumber daya, baik manusia maupun objek pariwisata menjadi sesuatu yang penting dilakukan.

“Dan Pramuwisata tentu memiliki kontribusi penting dalam lingkaran tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan itu, karena Pramuwisata bersentuhan langsung dengan objek wisata, wisatawan dan visi pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Tapanuli Tengah Rahmad Jambak melalui Kabid Pengembangan Kapasitas Pariwisata Wi Chandry Limbong mengatakan, difasilitasinya pembentukan HPI oleh Dinas Pariwisata menjadi salah satu parameter kian berkembangnya kepariwisataan di Tapanuli Tengah.

Menurut dia, hadirnya organisasi HPI akan menambah semangat geliat kepariwisataan di daerah tersebut.

“Harapannya, teman-teman pengurus HPI dapat menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholder dan berbaur dengan masyarakat, kita optimis wisata kita akan kian berkembang,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD HPI Sumatera Utara Kus Endro menekankan pentingnya kemandiran dan independensi dalam mengelola kepengurusan HPI.

“HPI adalah organisasi non politik dan mandiri yang merupakan pribadi-pribadi yang memiliki profesi sebagai Pramuwisata,” katanya.

Laporan: Oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *