BumDes Pahieme II Lengkapi Kebutuhan Masyarakat

oleh

Rakyatsumut.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Pahieme II, Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah sejak tahun 2017, berusaha melengkapi kebutuhan masyarakat, baik dari segi pertanian, maupun alat-alat untuk pesta di Desa Pahieme II.

Lampis lumbantoruan (42) warga dusun IV, Desa Pahieme II menjelaskan, bahwa sampai saat ini, mereka selaku pengurus BumDes terus menerus beruoaya untuk meningkatkan hasil penjualan mereka.

Dalam proses pembelian, pihaknya memperbolehkan masyarakat untuk mencicil barang yang mereka beli. “Kadang habis panen mereka baru membayar, dan sampai sekarang hasilnya belum maksimal,” ucapnya.

Ia mengaku, sejak berdirinya BumDes, mereka selalu memutarkan modal untuk membelikan barang kembali sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Semua kita catatkan, barang yang sudah habis kita beli kembali dengan hasil penjualan barang kita,” jelasnya.

Kepala Desa Pahieme II, Jamara Purba kepada rakyatsumut.com menjelaskan, bahwa sejak tahun 2017 sampai tahun 2018, desa mereka mendirikan BumDes dengan jenis pengadaan yakni, alat-alat pesta, serta alat memasak di pesta. Kemudian, pembelian alat-alat pertanian seperti, mesin rontok, pestisida dan pupuk tanaman.

“Ada pengurus BumDes yang betugas mengurus proses jual beli di BumDes kita, termasuk bagaimana cara sewa alat-alat pesta. Harapannya, kedepan BumDes kita ini mampu berkembang menjadi Badan Usaha yang mandiri dan berdaya saing,” pungkasnya.

Laporan: oktaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *