Desa Mela Dua Fokus Bangun Infrastruktur dan Pengairan

oleh
Camat Tapian Nauli, Rinaldi Siregar saat melakukan monitoring pelaksanaan Dana Desa di Desa Mela II bersama Kepala Desa Mela II dan aparat Desa.

Rakyatsumut.com – Desa Mela II, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, memanfaatkan Dana Desa tahun 2019 untuk pembangunan infrastruktur jalan dan pembangunan Drainase serta lampu penerangan jalan.

Kepala Desa Mela II, Jhonny Simanjuntak menjelaskan, bahwa untuk tahun 2019, desa Mela II mengerjakan pembangunan jalan rabat beton diantaranya, didusun III sepanjang 170 meter dan di dusun IV sepanjang 125 meter. Kemudian pembangunan saluran drainase sepanjang 232 meter yang berada di dusun III.

Kepala Desa, Jhonny Simanjuntak bersama para pendamping Desa saat meninjau pembangunan saluran drainase.

Selain infrastruktur jalan dan drainase, Desa Mela II juga memanfaatkan Dana Desa untuk pengadaan lampu jalan sebanyak 7 unit. yang akan dipasang dibeberapa titik diantaranya, di Dusun III tiga titik, dusun III satu titik, dan di dusun IV tiga titik.

Kepala Desa Mela II saat menunjukkan salah satu lampu jalan yang terpasang di Desanya.

“Pembangunan jalan dan drainase ini memang sangat kita butuhkan, contohnya saja pembangunan drainase, dimana sebelum dibangun jalan selalu digenangi air saat musim penghujan, setelah dibangun banjir yang biasa menggenangi jalan sudah sangat berkurang. Untuk lampu penerangan jalan, kami betujuan agar angka kriminal pencurian dapat berkurang,” tegasnya, Jumat (9/11/2019).

Selaku Kepala Desa, Jhonny Simanjuntak mengajak seluruh masyarakat Desa Mela II secara bersama-sama menjaga atau merawat pembangunan yang dianggarkan lewat Dana Desa. “Bangunan ini untuk kita sendiri, makanya saya ajak semua masyarakat agar sama sama merawat pembangunan di Mela II,” jelasnya.

Ia merinci, hingga tahun  2019 penduduk Desa Mela II mencapai 4000 jiwa, dengan perkiraan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 850 KK. Sementara, untuk total Dana Desa yang mereka terima tahun 2019 sebesar Rp827 juta.

Benny P. F zega salah seorang warga Mela II kepada rakyatsumut.com menjelaskan, bahwa sejak Dana Desa dikucurkan, mereka sangat berterimakasih kepada presiden RI, Joko Widodo. Terlebih ditahun 2019, dimana Desa mereka selalu berbenah diri lewat anggaran Dana Desa.

“Kami sangat senang dengan program Dana Desa ini, karena  saat ini, kami sudah merasakan secara langsung manfaat Dana Desa, baik dari segi pemanfaatan pembangunan, maupun peningkatan ekonomi dengan bekerja dilokasi pekerjaan proyek Dana Desa. Dari lampu jalan, kami juga berterimakasih kepada pak Kepala Desa yang telah memprogramkan Dana Desa untuk lampu jalan, semoga kriminal semakin berkurang,” ucapnya.

Laporan: Rommy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *