Kapolda Sumut Tegaskan Komitmen Berlangsungnya Pemilu Damai

oleh
Kapolda Sumatera Irjen Pol Agus Andrianto saat bersepeda santai dengan lima ribuan pesepeda di Kota Medan. foto/ dok

Rakyatsumut.com – Kapolda Sumatera Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan agar semua pihak berkomitmen menjaga pemilu berjalan dengan aman dan damai.

Demikian ungkap Kapolda saat bersepeda dengan sekitar 5 ribuan goweser di Lapangan Benteng Kota Medan, Minggu (16/12) pagi.

“Kita semua disini berkomitmen untuk pemilu damai. Tanpa ada kampanye SARA dan juga money politik. Saya juga meminta kepada semuanya agar tidak mengedepankan permusuhan karena kita semua bersaudara,” kata Kapolda.

Sebelumnya Kapolda Agus juga mengungkap komitmennya terkait kebersihan dan estetika terutama di tengah perhelatan kampanye Pemilu 2019. Menurut dia, banyak baliho di Kota Medan khususnya yang akhirnya diturunkan.

“Bersih dari hutan reklame (baliho) yang sudah ditertibkan oleh petugas sebagaimana program kerja saya dalam 100 hari pertama,” katanya.

Selain Kapolda, turut hadir sejumlah pejabat utama Polda Sumut seperti Wakapolda Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dir Binmas Kombes Yusuf Hondawan Naibaho, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, dan ketua panitia Kabid Propam AKBP Yofie Girianto Putro.

Orang nomor satu di Polda Sumut tersebut menabuh gondang musik adat batak sebagai pertanda dimulainya kegiatan tersebut. Start dimulai dari Lapangan Benteng-Lapangan Merdeka-Iskandar Muda-Gatot Subroto-Diponegoro-Hindu dan finis kembali ke Lapangan Benteng.

Acara dilanjutkan dengan deklarasi bersama Goweser menyatakan Pilres dan Pileg 2019 aman, damai dan kondusif ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Suasana semakin meriah dan mencair disaat Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 16 Februari 1967 silam menyanyikan lagu Kemesraan ini ciptaan Franki Sihalatua. Satu persatu kelompok goweser disambangi Kapolda.

Panitia juga menyediakan hadiah 350 unit sepeda dari berbagai macam tipe, dari harga 1 jutaan hingga 25 juta rupiah untuk diberikan kepada peserta yang beruntung.

Rudi (55) goweser dari Medan Sunggal mengaku senang dengan Kapolda yang low profile dan tidak risih saat berinteraksi dengan masyarakat kelas bawah.

“Saya senang dengan pak Agus. Orangnya ramah dan baik serta mau mendengarkan keluhan dan masukan dari warganya,” pujinya.

Sri Ningsih (38) goweser wanita asal Medan Johor ini juga mengungkapkan hal yang sama.

“Pak Agus is the best lah. Sangat jarang ada pejabat seperti ini. Kami doakan beliau sehat dan jadi Kapolri kalau bisa jadi presiden nantinya,” katanya.

(Oktaf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *