Pabrik Es Pasar Sorkam Suplai Kebutuhan Nelayan Sorkam dan Barus

oleh

Rakyatsumut.com – Pabrik es balok Pasar Sorkam, Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara yang dibangun oleh dinas kelautan dan perikanan Tapanuli Tengah mampu memproduksi es balok sebanyak 6 ton / hari, sehingga kebutuhan nelayan di Pasar Sorkam, Pulo Pane dan Barus sudah bisa disuplai.

“Nelayan tidak kwatir lagi mengenai ketersediaan es balok untuk kebutuhan mengawetkan hasil tangkapan ikan, karena kita sudah bisa memproduksi sebanyak 6 ton/ hari,” ujar pimpinan pabrik es balok Pasar Sorkam Hasdar Efendi kepada Rakyatsumut.com, senin (8/7/2019).

Keberadaan pabrik es balok tersebut dinilai sangat membantu nelayan. pasalnya, sebelum pabrik itu dibangun nelayan kerab kesulitan untuk mendapatkan es balok karena harus didatangkan dari Sibolga dengan harga Rp30.000/ batang, namun setelah pabrik dibangun nelayan bisa membelinya setiap saat kapan dia butuh dengan harga yang relatif lebih murah Rp15.000/ batang.

“Nelayan sangat terbantu, baik masalah harga maupun masalah waktu, maka biaya operasional nelayan untuk melaut jelas terpangkas, dari segi kualitas, es yang diproduksi pabrik es di Pasar Sorkam ini juga cukup bagus, sesuai standart nasional sehingga bisa tahan lama saat digunakan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan,” pungkasnya.

Laporan: Mamondang Simanungkalit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *