Petani dan Nelayan di Pasar Sorkam Nikmati Dana Desa Lewat Pembangunan 

oleh

Rakyatsumut.com – Desa Pasar Sorkam kecamatan Sorkam Barat, kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) terus berupaya meningkatkan pembangunan melalui program dana desa. sejumlah insfrastruktur dibangun dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2019 seperti membangun rabat beton didusun lV sepanjang 546 meter Rp367.000.000 kemudian merehap rabat beton di dusun lll dan dusun V Rp 63.127.000 serta pembangunan saluran irigasi persawahan didusun ll Rp 37.788.000.

“Tahun ini kita memanfaatkan dana desa untuk membangun infrastruktur guna mempermudah akses masyarakat, memperlancar geliat perekonomian warga,” ujar kepala desa Pasar Sorkam Hasdar Efendi kepada Rakyatsumut.com selasa (9/7/2019).

Selain untuk membangun sejumlah infrastruktur, dana desa tahun anggaran 2019 juga digunakan untuk membiayai kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebijakan pemerimtah yang memprioritaskan pembangunan dana desa tahun anggaran 2019 untuk pemberdayaan masyarakat.

“Kita juga manfaatkan dana desa untuk pengembangan lembaga PAUD dan kegiatan keagamaan serta kegiatan kegiatan lainnya yang nerhubungan dengan pemberdayaan masyarakat,” tegas Efendi.

Desa Pasar Sorkam terletak dipinggir pantai, warganya mayoritas berprofesi sebagai melayan dan petani, merek sudah merasakan manfaat dana desa tahun anggaran 2018 yang digunakan untuk menormalisasi sungai, sehingga puluhan hektar lahan persawahan yang tadinya tidak bisa diolah karena kerab kebanjiran, kini sudah bisa diolah petani, demikian juga perahu nelayan sudah bisa ditambatkan di muara sungai tersebut.

“Sebelum dilakukan normalisasi sungai lahan seluas 25 hektar yang ada dipinggiran sungai itu sudah puluhan tahun tidak bisa diolah karena kerab kebanjiran, namun kini persawahan itu sudah diolah oleh 30 kepala keluarga,” ujarnya.

Laporan: Mamondang Simanungkalit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *