PT. STAR Diduga Cemari Sungai Juaja di Portibi PALUTA

oleh

Rakyatsumut.com – Sungai Juaja tercemar dengan Zat Warna Hitam yang di duga berasal dari tumpahan limbah Pabrik kelapa Sawit PT. Star di Desa Bahal kecamatan Portibi, kabupaten Padang Lawas Utra, Sumatera Utara, Kamis (28/2/2019).

Dari laporan masyarakat, kejadian ini bukanlah pertama kali, tapi sudah terjadi berkali-kali dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sejak tahun 2008 silam. Warga mengaku, sungai juaja di desa bahal sering tercemar zat yang diduga bersumber PT. Star, dan termasuk Daerah Aliran Sungai (DAS) sudah terlihat tercemar.

Hendra Rambe mengatakan, bahwa atas kelalain PT. Star yang membuang limbah Cair tanpa izin, akibatnya warga sekitar Aliran Sungai tidak menggunakan air tersebut, untuk kebutuhan sehari hari.

Oleh karena itu, mereka meminta kepada pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, melalui dinas DLH dan aparat kepolisian harus melalukan penegakan hukum serta melakukan upaya minimalisir area terdampak dan pemulihan lingkungan hidup.

Hendra menjelaskan, menikmati lingkungan hidup yang baik dan bersih adalah hak asasi manusia yang di lindungi oleh konstitusi UUD 1945 Pasal 28, sehingga pemerintah sebagai pelaksana tugas negara wajib untuk mewujudkan lingkungan hidup yang bersih supaya masyarakat menjadi lingkungan yang sehat.

Liputan :Kudieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *